Panduan WordPress untuk Pemula

WordPress, bisa dikatakan, mempermudah orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan teknis untuk membuat sebuah situs web dan membagikan isinya melalui internet. Bagi pengguna internet awam, tentu saja aktifitas ini adalah sebuah cara yang hebat untuk membagikan ide dan pemikirannya secara online.

Jika kamu bukan pengguna WordPress, ada baiknya kamu baca dulu beberapa poin penting kenapa WordPress bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Jika kamu adalah pengguna WordPress yang baru saja menggunakan CMS ini, berikut adalah panduan singkat tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari.

Kerjakan Ini:

Mulailah menulis dan membuat konten untuk blog kamu. Ini adalah faktor yang sangat penting, bahkan kalau kamu merasa bahwa tampilan blog kamu belum selesai secara sempurna – dan masih ada tulisan lorem ipsum dan lain sebagainya. Apalah artinya tampilan yang sedemikian berwarna jika isinya tidak ada. Pastikan kamu ingat satu hal ini: alasan orang-orang mengunjungi sebuah blog karena isinya, bukan karena tampilannya.

twitter_thumbPromosikan blog kamu lewat media sosial. Jika kamu pengguna Facebook yang cukup aktif, pastikan untuk membagikan link postingan kamu ketika kamu menerbitkan satu artikel baru. Lakukan juga dengan akun media sosial lainnya yang kamu punya (Twitter, LinkedIn, dsb.) Ingat, yang kamu share sebaiknya adalah permalink (tautan permanen ke artikel, bukan alamat blog atau domain utama).

Perkaya dengan gambar. Walaupun tidak selalu menjadi komponen utama dalam sebuah postingan, tetapi gambar dapat memberi keuntungan jika artikel yang dibuat memuat penuturan yang cukup panjang. Dengan menempatkan beberapa gambar dapat membuat pembaca tetap mengikuti penuturan kamu. Gambar bisa memberikan ‘jeda’ bagi pembaca.

Tampilkan video. Jika kamu merasa pembaca blog kamu harus mengenal kamu, maka menampilkan video kamu adalah cara yang efektif. Kamu bisa membuat video yang menampilkan perkenalan kamu, atau jika kamu sudah pernah membuat video seperti itu sebelumnya, maka kamu dapat saja menautkan video yang berkaitan dengan isi postingan kamu. Jika hosting kamu tidak cukup mumpuni untuk menyimpan video kamu, kamu dapat memanfaatkan Youtube dengan mudah.

Saling sapa dengan blogger lain. Kamu dapat memulai aktifitas ini dengan melihat di jejaring sosial kamu, apakah ada blogger yang membagikan tulisannya (seperti tips kedua, di atas) – jika kamu menemukan tautan ke sebuah postingan, silahkan kunjungi. Nikmati suguhan yang tersedia, dan pastikan kamu meninggalkan komentar yang terkait dengan konten postingan tersebut. Ini bisa jadi awal yang baik untuk mengundang pengunjung bagi blog kamu.

Manfaatkan plugins. Barangkali setelah blog-walking ke beberapa blog, kamu menemukan beberapa fitur menarik pada blog tersebut. Bisa jadi itu adalah fitur yang disediakan oleh plugins. CMS WordPress menyediakan plugin – yang secara sederhana bisa dikatakan; program kecil yang memperkaya fungsionalitas WordPress. Luangkan waktu kamu untuk menelusuri plugins yang tersedia untuk WordPress kamu.

Coba theme lain. Theme adalah sekumpulan program yang mengatur bagaimana blog WordPress kamu disajikan lewat web-browser. Ini berbicara tentang tampilan blog. Seiring waktu, seiring pertumbuhan konten, dan seiring penemuan fitur-fitur keren yang mau kamu tambahkan ke dalam blog kamu, tak jarang kamu merasa perlu merombak theme kamu (atau bahkan memilih theme baru untuk mengakomodir semua itu). Tidak perlu khawatir, berganti theme bukanlah sebuah dosa.  Kamu bahkan dapat mengganti theme khusus pada masa-masa atau perayaan tertentu saja. Bebas.

panduan-wordpress-untuk-pemula

Yang harus dihindari:

Sebagai blogger yang memulai rutinitas di WordPress, jangan turunkan tempo permainan. Pastikan untuk selalu mengupdate blog kamu dengan konten-konten baru yang berkualitas.

Berusaha membuat konten baru sebenarnya tidak sulit. Dengan bermodal kegiatan blogwalking, kamu bisa mendapatkan inspirasi tentang apa yang ingin kamu tuliskan. Tapi jangan lantas langsung copy-paste dan memberi kesan bahwa postingan itu adalah hasil karya kamu sendiri. Boleh menyalin (sebagian atau keseluruhan) postingan lain, tapi tetap sebutkan sumber tulisan tersebut.

Jangan gunakan foto atau materi yang dilindungi hak cipta. Memang mencari gambar sangat mudah dilakukan lewat Google, tetapi bisa jadi gambar yang disajikan sebenarnya tidak boleh dicomot secara bebas. Baiknya dibaca ini: Dimana Mencari Gambar untuk Blog (Secara Legal).


Semoga tips di atas bisa menggelitik untuk dicoba, salam blogger Indonesia!

26. March 2013 by Nichpakaich
Categories: Artikel | Tags: , , , , , , , | Leave a comment

Tinggalkan Komentar