Tips SEO

Menduduki posisi atas pada halaman pencarian Google adalah salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan trafik bagi blog kamu, walaupun tidak berlaku mutlak karena ada proses memilah hasil pencarian yang kerap dilakukan oleh para pencari informasi. Dan SEO adalah teknik yang dapat membantu sebuah laman untuk menduduki peringkat atas pada sebuah halaman hasil pencarian, untuk kata kunci tertentu.

SEO (Search Engine Optimization) membutuhkan usaha yang cukup keras karena (seperti yang mungkin kamu sudah tahu) Google kerap merubah algoritma penentuan posisi pada halaman hasil pencarian. Jadi, jika kamu baru saja dapat salinan teknik SEO dari teman yang sudah kadaluwarsa, barangkali kamu perlu stop coba-coba dan baca dulu artikel ini sampai selesai.

Kenapa Google gonta-ganti algoritma?

Sederhana saja, Google bertujuan menjadi mesin pencari yang menyediakan hasil pencarian yang relevan; oleh karena itu Google ingin situs hebat dengan konten yang hebat (pula) menduduki posisi teratas halaman pencarian. Dan selama ini, banyak oknum berusaha mengakali sistem Google untuk menduduki posisi teratas pada halaman hasil pencarian – walau kontennya tidak relevan. Ini lah kenapa Google selalu memperbaharui algoritmanya.

Pencarian Google

Pencarian Google

Tiga Poin Mendasar untuk SEO

Optimasi Mesin Pencarian (Search Engine Optimization) dapat dilakukan dengan sukses jika merujuk kepada tiga hal berikut:

  1. Membuat Konten Hebat

    Tidak ada yang dapat mengalahkan konten yang unik, menarik dan terpercaya. Jadi jika kamu adalah seorang blogger, investasikan waktu dan tenaga kamu untuk membuat konten yang berharga, dan relevan dengan kelompok pembaca kamu. Tidak ada salahnya melakukan riset sebelum membuat postingan. Akan ada manfaatnya jika kamu menyempatkan untuk hunting foto guna memperkaya tulisan kamu. Tunjukkan bahwa konten yang kamu buat, memang luar biasa!

    Berbicara tentang konten bukan hanya membicarakan satu postingan blog kamu. Tapi juga bagaimana kamu menyajikan halaman demi halaman untuk pengguna kamu. Internal linking, penggunaan heading, dan perancangan navigasi yang memudahkan pengguna adalah beberapa hal penting untuk kamu perhatikan.

  2. Posting Secara Teratur

    Menciptakan blog yang selalu terbaharui akan sangat membantu. Pengunjung yang sudah pernah datang dapat menjadi tertarik dan mengunjungi kembali blog kamu untuk konten terbaru (apa pun niche-nya). Hal ini akan menambah penilaian “prilaku pengunjung”, sebuah aspek yang dipantau oleh Google. Dan dengan konten yang hebat, diiringi dengan keberadaan media sosial yang semakin marak, maka popularitas akan terbangun; dan seperti pepatah lama

    mempertahankan lebih sulit daripada mencapai

    Jadi, jangan pernah menurunkan performansi kamu dalam ngeblog.

  3. Ciptakan Keterhubungan

    Menjalin jaringan dengan cara bertukar link dengan situs-situs atau blog-blog lain yang memiliki konten relevan (dengan blog kamu) tidak hanya akan mendatangkan trafik, tetapi akan membantu Google untuk menilai kualitas situs yang merujuk ke blog kamu, ini akan saling menguatkan satu sama lain.

    Cara yang cukup populer adalah dengan berinteraksi di forum-forum yang berkaitan dengan niche blog kamu. Contoh sederhananya, kamu bisa menempatkan tautan ke blog kamu pada bagian signature.

    Tetapi harap memperhatikan, bahwa poin ini bukan sekedar mengajak kamu untuk menciptakan backlink sebanyak-banyaknya. Karena saat ini Google memberi nilai jelek untuk spammer, dengan memperhatikan gejala berikut:

    • Ketika kebanyakan backlink yang diperoleh adalah tautan dengan kualitas rendah, seperti; link berbayar, link yang ditempatkan di footer, link dari jaringan blog yang kualitasnya rendah di mata Google.
    • Ketika kebanyakan backlink yang diperoleh adalah bersumber dari situs-situs dengan konten yang tidak relevan dengan blog kamu, tetapi menggunakan anchor text dengan kata kunci yang ingin diusung (exact keyword).

Membiasakan diri dengan tiga poin diatas akan memudahkan kamu mengejar sisanya. Ya, benar, tiga poin di atas bukanlah penjelasan teknis. Tetapi semoga menghantarkan kamu ke manfaat yang lebih lagi sebagai blogger Indonesia.

PS:

Barangkali ini adalah sebuah hal yang baru, tapi masih berkaitan dengan user experience yang menjadi salah satu aspek penilaian Google; hindari menggunakan Flash, terlalu banyak gambar dan hal-hal yang dapat memperlambat waktu load halaman blog kamu. Karena Google memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk menampilkan halaman secara penuh sebagai salah satu faktor penentu peringkat pada halaman pencarian. Sebagai referensi, kamu dapat pergunakan situs ini untuk menganalisis kecepatan load blog kamu: GTmetrix.

25. November 2012 by Nichpakaich
Categories: Artikel | Tags: , , , | 5 comments

Comments (5)

  1. Mirisnya blogger2 sekarang terlalu mendewakan SEO ^_^

  2. kebanyakan orang menganggap traffic itu nomor satu dan kualitas itu nomor dua.

  3. konten hebat di racik dengan bumbu sosmed akan membuat hidangan blog kita bercita rasa dan disukai sama si robot mbah 🙂

Tinggalkan Komentar