Memilih DNS Server yang Tepat

Setiap kali kamu browsing sebuah website biasanya ada tahapan resolusi nama domain yang terjadi, yaitu mengubah nama domain yang kamu masukkan di dalam kolom alamat (address bar pada web browser) menjadi .

Secara sederhana, IP adalah sistem pengalamatan di internet. Dengan mengetahui alamat IP sebuah website, web browser yang kamu pergunakan bisa tahu dari mana harus mendapatkan semua materi teks, gambar dan-lain-lain  (yang biasanya ditempatkan pada sebuah server web-hosting) yang dibutuhkan untuk menampilkan sebuah halaman website.

Dan yang bertanggung jawab untuk proses penerjemahan itu adalah server DNS (baca tentang Propagasi DNS).

Lalu dari ratusan server DNS yang tersedia di seluruh dunia (atau bahkan lebih) – beberapa diantaranya gratis, lainnya hanya bisa kamu nikmati dengan berlangganan – mana yang akan kamu pilih?

Sekarang, coba kita sepakati dulu.

Bukankah lebih baik, jika kamu menggunakan “penerjemah” yang dapat merespon dengan cepat?

Setiap server DNS bekerja dengan cara yang sama. Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi  setiap server membutuhkan waktu yang berbeda untuk setiap permintaan yang kamu buat. Ada rangkaian proses yang terjadi secara berantai, tetapi kita tidak akan bahas itu disini. Kita akan bahas, alat bantu apa yang bisa kamu pakai untuk mengukur server DNS mana yang terbaik untuk kamu.

Mari Coba NameBench

namebench melakukan serangkaian tes dan query terhadap daftar server DNS yang tersedia, termasuk DNS yang saat ini kamu pergunakan dalam pengaturan koneksi internet kamu. Alat bantu yang satu ini akan menghasilkan laporan yang komprehensif terkait DNS server mana yang terbaik bagi Anda.

Benchmark DNS Servers

namebench DNS Benchmarking

 

Faster DNS Benchmark Result

Hasil Benchmark namebench

Rekomendasi DNS Server untuk kamu

Server DNS yang Direkomendasikan

Jika sudah mendapat hasil yang paling cepat, kamu tinggal mengganti alamat DNS yang kamu pergunakan dengan alamat server DNS terbaik yang sudah kamu dapatkan dari hasil test namebench ini.

Menggunakan DNS Server Rekomendasi namebench

Setting DNS pada Sistem Operasi Windows

Tool yang satu ini gratis untuk dipergunakan oleh siapa saja, tanpa instalasi ke folder sistem operasi, dan bisa dipastikan sangat mudah penggunaannya. Bahkan jika kamu tidak mengerti setengah dari apa saja yang sudah saya katakan di atas, kamu tinggal tekan saja tombol “Start Benchmark“, dan kamu akan mengerti gambaran keseluruhan  proses setelah benchmarking selesai.

19. March 2012 by Nichpakaich
Categories: Artikel | Tags: , , , , , | 1 comment

One Comment

  1. Pingback: Memeriksa Akses terhadap Website | Ngemeng.com

Tinggalkan Komentar