Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Pada intinya, cara untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan melakukan konversi trafik menjadi keuntungan. Ada beberapa cara yang sangat mungkin untuk dilakukan, tetapi tiap cara memiliki sela-sela khusus yang harus dipahami.

1. Menawarkan Pemasangan Banner / Link

Jika blog kamu memiliki jumlah kunjungan yang tinggi, dan rata-rata durasi pengunjung cukup membuktikan bahwa mereka senang berlama-lama menikmati isi konten kamu, maka hal ini bisa kamu tawarkan sebagai peluang bagi pemilik produk/jasa yang ingin melakukan promosi lewat blog kamu.

Tempuh beberapa jalan untuk menawarkan kesempatan beriklan kepada orang-orang yang memiliki jasa/produk yang sesuai dengan niché blog kamu. Misalnya dengan mempersiapkan page (halaman) khusus tentang penawaran sewa-ruang di blog kamu.

Keuntungan: Cara untuk menghasilkan uang dari blog yang satu ini biasanya menggunakan harga yang tetap untuk jangka waktu tertentu. Jadi kamu bisa tahu dengan jelas berapa pendapatan kamu, terlepas dari interaksi pengunjung dengan banner/link tersebut.

Kekurangan: Jika iklan tidak sesuai dengan niché blog, bisa menuai bermacam-macam dampak.

2. Google AdSense

cara-menghasilkan-uang-dari-blog-contoh-adsense

Google AdSense

Barangkali cara untuk menghasilkan uang dari blog dengan memanfaatkan program iklan PPC seperti ini adalah yang paling terkenal dan terpercaya.

PPC, sesuai namanya (Pay Per Click) adalah program iklan yang membayarkan sejumlah uang untuk setiap klik yang terjadi pada iklan yang dipasang di blog kamu. Syarat untuk mengikuti program ini adalah kamu harus memiliki akun AdSense terlebih dahulu.

Keuntungan: Semakin banyak yang meng-klik iklan yang muncul, maka semakin besar pundi-pundi uang kamu.

Kekurangan: Nilai per-klik tidak selalu sama, sehingga kadang kala pendapatan tidak sesuai harapan.

3. Afiliasi

Program afiliasi bisa berupa pemasangan banner pengiklan atau link yang merupakan sarana untuk mengarahkan pengunjung blog kamu ke halaman (situs) pengiklan di blog kamu. Bedanya dengan item nomor 1 dan nomor 2 adalah: uang tidak langsung didapat ketika kamu memasang banner/link, atau ketika ada orang meng-klik banner/link pengiklan.

Biasanya program ini memberikan komisi kepada kamu (pengelola blog) ketika pengunjung yang berhasil diarahkan ke situs pengiklan (melalui banner/link di blog kamu), melakukan interaksi disana. Misalnya; pembelian atau pendaftaran ke program yang pengiklan tawarkan. Sederhananya, kamu akan mendapatkan komisi untuk penjualan yang sukses.

Keuntungan: Beberapa program afiliasi menawarkan komisi yang besar, bahkan ada yang menawarkan komisi bertingkat (nilai pembayaran yang lebih besar untuk setiap pertambahan jumlah user yang diarahkan)

Kekurangan: Jika tipe pengunjung kamu adalah penikmat produk gratisan, cara yang satu ini sangat sedikit tingkat kesuksesannya.

4. Donasi

Yang terakhir ini adalah sebuah cara untuk mendapatkan uang dengan memintanya secara langsung (tapi halus) kepada pengunjung blog kamu. Bedakan dengan’mengemis’ ya. Karena donasi dapat terjadi jika pengunjung merasa kamu memang pantas mendapatkannya. Dan itu bisa mereka ukur dari konten yang kamu siapkan.

Kamu dapat membuat halaman khusus, atau memasang PayPal payment button.


Adalah penting untuk memuaskan pengunjung, dengan cara; menyediakan apa yang mereka cari, mempersiapkan konten yang menjadi alasan kenapa mereka mengunjungi blog kamu. Jika kepuasan pengunjung berbuah hasil, tidak tertutup kemungkinan trafik kamu akan menghasilkan uang di akhir bulan.

Disclaimer: tulisan ini membicarakan cara menghasilkan uang dari blog, hanya sebagian kecil dari sekian banyak manfaat yang bisa didapat dari sebuah blog.

25. December 2012 by Nichpakaich
Categories: Artikel | Tags: , , , , , , | 1 comment

One Comment

  1. perlu untuk dicoba 😀

Tinggalkan Komentar