5 Alasan Mengelola Blog WordPress dengan Hosting Sendiri

Banyak blogger memulai blog-nya dari penyedia jasa blog gratis (WordPress.com) karena benar-benar mudah dan bebas biaya. Cara ini adalah cara yang sangat baik untuk belajar bekerja dengan software blogging dan mengenal dunia blog itu sendiri.

Tetapi jika kamu ingin mendapatkan manfaat maksimal, maka memiliki blog WordPress dengan hosting yang dikelola sendiri (self-hosted) adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.

Blog yang dikelola sendiri, barangkali tidak sesulit yang kamu duga, toh tampilan (interface-nya) tetap saja sama. Jadi sebenarnya gak banyak yang musti dipelajari kembali.

Lalu kamu bertanya-tanya, kalau toh sama ngapain juga repot-repot pindahan? Nah, di artikel ini akan dibahas beberapa keuntungan yang tidak kamu dapat dari akun ‘nebeng’ dan juga manfaat yang kamu dapat dari proses transisi tersebut.

Dan inilah kenapa:

  1. Kamu akan memiliki brand kamu sendiri

    Di jasa hostingan blog gratis, biasanya kamu akan mendapatkan alamat sub-domain seperti ini: blogkamu.wordpress.com. Jika dari awalnya kamu ingin membangun sebuah brand atau nama yang mudah diingat oleh orang lain maka kamu perlu punya nama domain kamu sendiri. Faktanya adalah: kamu bisa memiliki domain sendiri untuk blog yang dikelola oleh penyedia jasa blog gratisan, tetapi tetap kamu tidak memiliki kontrol penuh atas blog tersebut.Memiliki nama domain yang tepat akan memberikan image tersendiri bagi blog kamu, ditambah lagi kamu bisa memiliki email dengan domain tersebut. Blog yang sangat ‘biasa’ pun bisa didongkrak branding-nya dan memberikan peluang untuk menghadapi persaingan.

  2. Kamu bisa melakukan personalisasi secara total

    Biasanya, jika kamu menggunakan jasa blog gratis (seperti WordPress.com) maka ada keterbatasan terkait tampilan (theme) yang ingin kamu gunakan pada blog kamu. Kalau kamu punya niat mau ubah-ubah tampilan blog kamu yang di-host di WordPress.com – walaupun sedikit (tweaking) – barangkali niat kamu ini tidak akan kesampaian. Lain ceritanya jika kamu menggunakan jasa hosting blog yang kamu kelola sendiri, kamu bisa install theme yang kamu inginkan dari ribuat theme tersedia di internet (baik yang gratis maupun yang berbayar) dan jika kamu ingin merombak total tampilan atau sekedar tweaking, tidak ada yang menghalangi kamu.Intinya dengan blog yang hosting-nya kamu kelola sendiri, kamu memiliki kontrol terhadap tampilan blog, membuat kamu semakin mudah menyelaraskannya dengan brandkamu.

  3. Kamu bisa beriklan

    Tidak dapat dipungkiri bahwa cara paling masuk akal untuk mendapatkan uang dari blog kamu, adalah dengan menyediakan space buat iklan. Dan untuk sampai kesitu, kamu harus mengelola hosting sendiri. Beberapa penyedia blog gratisan memiliki ToS yang melarang penggunanya untuk memasang iklan pada blog mereka. Parahnya lagi, ada penyedia jasa blog gratisan yang tidak hanya melarang kamu untuk memasang iklan, tapi justru memiliki hak untuk menayangkan iklan mereka di blog kamu. Percaya lah, yang seperti ini cepat-atau-lambat akan merugikan kamu.

  4. Kamu bisa menambah kemampuan blog kamu dengan plugins

    Plugins adalah program tambahan untuk blog yang menawarkan fungsi tertentu, seperti fungsi tautan ke halaman media sosial, atau mempercepat proses loading halaman blog, dll – yang kesemuanya bila dipadu-padankan dengan baik, salah satu keuntungannya adalah: bisa meningkatkan interaksi dengan pengunjung blog kamu.Jika kamu coba tanya-tanya ke pengguna blog yang sudah menggunakan hostingan sendiri, pasti mereka akan cerita kalau mereka menggunakan plugins untuk memperkaya kemampuan blog-nya. Sementara buat yang masih menggunakan jasa blog gratisan, biasanya hal ini terbatas ke plugins yang disediakan oleh penyedia jasa blog tersebut.

  5. Kamu akan terlihat lebih profesional

    Blog dengan hosting yang dikelola sendiri tidaklah begitu mahal. Di Ngemeng.com hanya bermodal Rp100rb/tahun kamu sudah bisa memiliki nama domain dan hosting kamu sendiri. Tapi masih banyak blogger yang enggan untuk berpindah dari jasa blog gratisan.Melakukan perpindahan dari jasa blog gratisan ke yang berbayar, kamu bisa menunjukkan ke dunia

    Hei, lihat nih. Aku serius dengan blog aku.

    Dengan pesan seperti itu, orang akan berhenti memandang blog kamu sebagai ajang tempat senang-senang doang.

Kesimpulannya, dengan blog yang hosting-nya dikelola sendiri kamu memiliki kontrol penuh atas bisnis blog kamu. Kamu bisa menerapkan pembaharuan apa saja yang kamu mau, rancang sesuai dengan keinginan kamu, dan monetasi sebanyak yang kamu mau, tanpa halangan.

Berpindahlah sekarang, lalu kamu akan terhenyak kenapa baru nyadar sekarang.

13. February 2012 by Nichpakaich
Categories: Artikel | Tags: , , , , | 6 comments

Comments (6)

  1. pengenya pindah mas..tapi ribet dengan control panel….dan kalo untuk artikel yang banyak,tetep saja space nya besar dan mahal…yang murah??? saya uda pernah coba memang kualitas nya di bawah,bentar2 down…gemes deh,tapi oklah thanks buat info nya ya….

  2. Tulisan yang bagus berhubung aku baru aja pindah ke wordpress nih. beberapa masalahku tentang blog selama iniku paparin di tulisan pertamaku ini http://gentongbiru.wordpress.com/2013/01/02/pindah-blog-dari-tumblr-ke-wordpress/

  3. Saya Setuju Dengan Penulis Blog ini Nice 😀

  4. Pingback: Panduan Wordpress untuk PemulaNgemeng.com

  5. Bener banget nih.. sampe sekarang blog pribadi sy masih ada embel2 wordpress nya :(.

Tinggalkan Komentar